Rabu, 17 Januari 2018

Cara Membuat Tahu Bulat Kopong dan Crispy

Tahu bulat sekarang menjadi jajanan yang sedang buming di setiap daerah, sampai-sampai ada lagu khusus yang berjudul tahu bulat. Tahu bulat sebenarnya ada sudah lama terutama di daerah jawa barat dan banten sudah cukup banyak yang menjualnya dari dulu. Namun karena ada sebuah lagu tentang tahu bulat, membuat tahu bulat semakin dikenal oleh masyarakat. Dan peluang usaha tahu bulat pun semakin besar. Sehingga banyak orang yang berlomba-lomba menjual tahu bulat karena melihat peluang tersebut. Bahkan ada juga beberapa yang membuat franchise atau waralaba dengan menjual tahu bulat.
Tahu bulat terbuat dari bahan dasar tahu yang yang dibentuk menjadi bulat kemudian digoreng. Namun tahu bulat bukan sekedar tahu goreng biasa, tahu bulat isinya agak kopong dan kulit terasa kenyal. Rasanya juga gurih, kemudian dicampur dengan bumbu atau sambal bubuk yang pedas sehingga memanjakan lidah.
Ciri khas penjual tahu bulat pada umumnya dijual menggunakan mobil pick up dengan suara speaker rekaman seseorang yang menawarkan tahu bulat. Walaupun sekarang ini banyak juga yang menjual tahu bulat menggunakan gerobak. Harga tahu bulat cukup terjangkau, biasanya satu tahu bulat dijual dengan harga Rp 500. Oleh karena itu di kalangan anak-anak pun banyak yang pada jajan tahu bulat. Di samping harganya murah, rasanya juga enak dan lezat, sehingga banyak disukai oleh anak-anak hingga orang tua.
Cara membuat tahu bulat sebenarnya cukup mudah, dan bahan-bahannya juga sangat simpel dan sederhana. Bagi yang ingin tahu resep dan cara membuat tahu bulat, tenang saja kali ini kita akan bersama-sama mempraktekkan cara membuat tahu bulat yang enak, kenyal, dan gurih. Bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja kita simak yang berikut ini.

Bahan-bahan:
  • 5 buah tahu putih
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 3 siung bawang putih
  • Kaldu bubuk atau penyedap rasa secukupnya (bisa royco atau masako)
  • Garam halus secukupnya
  • 2 liter minyak goreng, untuk menggoreng


Cara membuat tahu bulat:
  1. Gunakan plastik yang cukup besar, masukkan tahu putih ke dalamnya. Haluskan dengan meremas-remas menggunakan jari-jari tangan, atau bisa juga menggunakan ulegan dipenyet-penyet. Pastikan tahu putihnya halus semua dan tidak ada gumpalan
  2. Masukkan semua bumbu kecuali tepung tapioka, aduk hingga benar benar rata
  3. Tambahkan tepung tapioka ke dalam adonan sambil diaduk-aduk, hingga adonan tahu bulat bisa dibentuk
  4. Bentuk adonan bulat-bulat seperti bola pingpong
  5. Goreng tahu bulat hingga matang
  6. Setelah matang, angkat lalu tiriskan
  7. Sajikan bersama sambal bubuk pedas
Tahu bulat siap untuk dihidangkan, selamat mencoba


SHARE THIS

Author:

Facebook Comment

0 komentar: